Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Rumah Susun

JSC | 11 months ago

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga. Fasilitas yang dimaksud adalah pengadaan kelompok belajar, taman bacaan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan keterampilan, pelatihan kerja, pemberdayaan perempuan, dan penyediaan fasilitas bagi warga yang tidak mengenyam pendidikan formal atau putus sekolah. PKBM juga memfasilitasi warga agar dapat mengikuti ujian kesetaraan melalui program Paket A, B dan paket C.

Rusun Pinus Elok dan Rusun Albo merupakan dua rumah susun di Jakarta Timur yang telah siap membuka PKBM, terutama untuk memfasilitasi penghuni rusun yang putus sekolah dan warga yang ingin mengikuti program Paket A, B dan C. Pengajar PKBM untuk kedua rusun tersebut Sudin Pendidikan Jakarta Timur Wilayah 1. Rusun lain di Jakarta Timur yang siap menyusul untuk menyediakan PKBM bagi warganya adalah Rusun Pulogebang dan  Rusun Komarudin.

Sebelumnya, Rusun Cibesel telah lebih dulu menikmati fasilitas PKBM. Anak-anak bisa mendapatkan bimbingan belajar di rumah pintar. Sedangkan untuk warga, PKBM mengadakan berbagai pelatihan antara lain menjahit, pertanian, pembuatan makanan, pelatihan mekanik, komputer, musik, dan pembuatan produk kebersihan keluarga seperti sabun, shampoo, dan lainnya. PKBM juga memfasilitasi warga Rusun Cibesel yang ingin mendapatkan ijazah dengan menyelenggarakan program Paket A, B dan C mulai  bulan Agustus 2016 lalu.

Fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PKBM diharapkan berguna bagi warga rusun untuk memperoleh pendidikan layak. Selain itu, dengan berbekal keterampilan, sertifikat, atau ijazah dari kegiatan yang difasilitasi oleh PKBM, warga dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. (jsc-ea)

 

Artikel lainnya

Pergerakan Harga dan Ketersediaan Komoditas Pangan di Jakarta

Berdasarkan pengamatan pergerakan harga pangan di pasar, tekanan inflasi pada Oktober hingga akhir 2016 diperkirakan akan tetap terkendali dan cenderung di bawah kisaran perkiraan inflasi. Pergerakan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City