Manifestasi Semangat Partisipasi dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

JSC | 1 year ago

Potensi industri digital di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Kondisi ini merupakan modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi teknologi digital. Bahkan volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 Miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50 persen.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kibar Kreasi Indonesia (KIBAR), meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan besar di Indonesia. Gerakan ini ditargetkan dapat menciptakan 1000 perusahaan baru dengan total valuasi bisnis senilai USD 10 Miliar pada tahun 2020.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital, mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Untuk melahirkan 1000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-tahapan sistematis di 10 kota yang memiliki infrastruktur serta fondasi digital yang kuat.

“Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat kaya. Jika dipadukan dengan kekuatan teknologi digital, ini adalah modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. Mari kita berhenti bermimpi dan menolak terbuai dengan potensi. Mari kita bergerak bersama dan berkarya menciptakan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia,” jelas Chief Executive KIBAR Yansen Kamto.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan dilaksanakan di 10 kota: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di masing-masing kota akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif dan budaya. Pusat inovasi ini juga menyediakan co-working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga berkembang menjadi solusi nasional.

“Semua ini adalah manifestasi semangat gotong royong di era digital, di mana seluruh unsur masyarakat mulai dari pelaku startup, kreator, komunitas, akademisi, media, dan pemerintah, bergerak bersama mengembangkan ekosistem dan mendorong terciptanya generasi baru yang mumpuni di bidang teknologi digital. Mari dukung gerakan ini dengan menyebarkan semangat, informasi, sekaligus terus ikut mendorong perubahan hingga menjadikan Indonesia sebagai ‘The Digital Energy of Asia’,” tutur Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika, menyimpulkan peluncuran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. (jsc-sy)

Sumber: https://kominfo.go.id/content/detail/7684/siaran-pers-no45hmkominfo062016-tentang-gerakan-nasional-1000-startup-digital-gotong-royong-wujudkan-solusi-di-era-informasi/0/siaran_pers 

Artikel lainnya

RPTRA : Fasilitas Umum bagi Warga di Kota Pintar

Kota pintar akan terwujud jika warganya pintar dan pemerintah menjalankan fungsinya dengan baik. Konsep smart people di kota pintar bukan hanya tentang kecerdasan individu, namun juga kecerdasan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City