RPTRA di Jakarta Selatan Bertambah Lagi

JSC | 2 years ago

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat hari ini, Kamis, 13 Oktober 2016 meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di dua tempat berbeda. Gubernur meresmikan RPTRA Bhineka di Kelurahan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan sedangkan wakil gubernur di Pinang Pola, Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Menurut Basuki, masih ada 22 lokasi RPTRA yang akan diresmikan. Lokasi-lokasi tersebut merupakan RPTRA yang dibangun dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Beliau menyakini kalau semakin banyak RPTRA di Jakarta, maka silaturahmi warga akan semakin baik. Paling tidak harus ada satu RPTRA di setiap RW dan dikelola oleh warga.

Ruang publik yang aktif dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini merupakan ruang terbuka hijau dengan konsep taman dan dilengkapi sarana bermain anak, fasilitas olahraga, ruang serbaguna untuk menunjang aktivitas komunitas warga, serta tambahan lain seperti perpustakaan, PKK Mart, dan ruang laktasi. RPTRA dibangun di tengah pemukiman warga, terutama di daerah padat penduduk, sehingga bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh warga sekitar.

Keamanan lingkungan RPTRA didukung dengan pemasangan CCTV. Selain itu, warga dilibatkan dalam kegiatan pengawasan dan pemeliharaan RPTRA. Fasilitas ini diharapkanbisa membantu Kota Jakarta untuk meraih status kota layak anak sekaligus menyediakan ruang terbuka hijau bagi publik. (jsc-ea)

Artikel lainnya

Adopsi Penerapan Konsep Jakarta Smart City di Berbagai Daerah

Pada 13 Desember 2016, Perwakilan dari Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan kunjungan ke kantor Unit Pengelola Jakarta Smart City yang dikenal dengan sebutan JSC Lounge. Ketua Departemen ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City