Transjakarta Gratis dengan TJ Card

JSC | 5 months ago

Mulai 1 November 2016, warga DKI Jakarta dengan kategori tertentu dapat menikmati fasilitas bus Transjakarta secara cuma-cuma menggunakan kartu khusus yang dinamakan TJ Card. Kartu ini ditujukan bagi warga berusia lanjut atau lansia, difabel, veteran, pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS), dan penduduk Kepulauan Seribu. Untuk mendapatkan TJ Card, persyaratannya adalah memiliki KTP DKI yang menunjukkan pemiliknya berusia 60 tahun ke atas, KTP Kepulauan Seribu, Kartu Legiun Veteran untuk anggota veteran Republik Indonesia, atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS Jabodetabek).

Cara pembuatan TJ Card juga mudah, cukup dengan mendaftarkan diri melalui halte-halte yang berada di koridor Transjakarta. Lokasi pendaftaran untuk mendapatkan TJ Card bisa ditemukan di semua halte Transjakarta. Untuk halte tertentu seperti Kampung Melayu, Glodok, Kalideres, Pasar Pulogadung, Matraman 1, Ragunan, PGC 2, Duri Kepa, Slipi Petamburan, dan Tanjung Priok, disediakan booth khusus untuk melayani pendaftar. Warga dapat melakukan pendaftaran TJ Card mulai pukul 06:00 hingga 20:00. Petugas di halte akan membantu mendata identitas pendaftar, mengambil foto pendaftar, merekam dan memfoto KTP, serta mencatat nomor telepon yang bisa dihubungi oleh petugas Transjakarta. Nomor telepon tersebut berguna untuk menghubungi warga apabila TJ Card sudah bisa diambil di halte tempat pendaftaran dan siap digunakan. Warga dapat melakukan pendaftaran kepemilikan TJ Card ini sampai dengan 17 Oktober 2016.

Kebijakan menggratiskan bus Transjakarta bagi sebagian warga ini bertujuan untuk menarik minat lebih banyak orang agar menggunakan angkutan umum. Beralihnya pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan tingkat polusi udara di ibukota. Penerbitan TJ Card untuk pelayanan gratis bus Transjakarta ini juga sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis bagi Masyarakat. (jsc-ea)

Artikel Lainnya

Pembangunan Pasar Bendungan Hilir sebagai Percontohan

Peletakan batu pertama atau groundbreaking Pasar Bendungan Hilir (Benhil) dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat pada hari Rabu, 26 Oktober 2016. Pasar yang berlokasi di ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City