Rumah Susun dan Normalisasi Ciliwung

JSC | 9 months ago

Rumah susun atau rusun merupakan solusi perumahan ibu kota yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar warga mendapatkan tempat tinggal yang layak huni.

Pembangunan rusun saat ini juga berfungsi sebagai fasilitas warga yang terkena dampak relokasi. Baik relokasi yang dilakukan untuk mendukung program normalisasi sungai, maupun relokasi pemukiman tak layak huni yang berada di tanah negara, di pinggir rel yang berpotensi mengganggu keamanan transportasi kereta, atau di daerah bantaran sungai.

Daerah bantaran sungai menurut Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai, termasuk dalam garis sempadan sungai yaitu garis maya di kanan dan kiri sungai yang ditetapkan untuk menjaga fungsinya sebagai jalan air. Jika kondisi daerah yang berada di garis sempadan sungai ini terjaga, maka sungai akan mampu menjaga lingkungan di sekitarnya dari bahaya banjir dan longsor. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki program normalisasi sungai. Usaha tersebut dilakukan dengan melakukan pengerukan daerah aliran sungai yang mengalami pendangkalan, pembersihan sampah, serta penertiban bangunan dan aktivitas warga di sekitar sungai untuk proses pelebaran dan perbaikan lingkungan sekitar aliran sungai.

Ciliwung sebagai salah satu sungai penting di Jakarta, tidak luput dari usaha normalisasi. Sungai ini memiliki peran penting sebagai fasilitas penampung dan penyalur air karena mengalir melalui tengah kota Jakarta. Jalur asli dari sungai ini melewati daerah Cikini, Gondangdia, hingga Gambir. Saat ini, aliran Ciliwung melewati daerah Manggarai melalui Kanal Banjir Barat lalu membelok ke Tanah Abang, Tomang, Jembatan Lima, hingga ke Pluit. Pengerjaan normalisasi sungai Ciliwung dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).

Untuk mendukung proses normalisasi, pemerintah secara khusus menargetkan pembangunan 50.000 unit rusun yang disediakan untuk merelokasi warga Jakarta yang tinggal di kawasan normalisasi Ciliwung. Jika proses pengembalian fungsi sungai Ciliwung berhasil, diharapkan air hujan akan tertampung dan mengalir dengan baik sehingga Jakarta tidak lagi menjadi kota langganan banjir. Selain itu, kawasan sungai Ciliwung yang legendaris dan memiliki sejarah panjang ini juga ditargetkan menjadi tujuan wisata. (jsc-ea)

***

 

Artikel lainnya

Pemprov DKI Jakarta Siap Memberikan Fasilitas Rusun yang Terbaik

Untuk mewujudkan konsep smart living, yang merupakan salah satu indikator dari smart city, Pemprov DKI Jakarta berinisiasi membangun hunian vertikal atau rumah susun untuk warga Jakarta. Hal ini juga ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City