Peremajaan Angkutan Umum Reguler di Jakarta

JSC | 1 year ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah 300 bus baru yang akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2016. Bus baru tersebut terdiri dari 150 unit merek Scania dan 150 unit merupakan bus pabrikan Eropa lainnya. Penggantian bus ini selain untuk menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, juga sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat dengan disabilitas dan lansia. Bus Scania tipe K250 yang dipesan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tergolong model lower deck. Model ini memiliki ketinggian bus yang memudahkan akses penumpang, khususnya bagi pengguna kursi roda dan lansia. Tinggi lantai bus yang lebih rendah juga mengakomodir halte-halte bus yang tidak berada di jalur busway.

Bus Scania yang kelak digunakan sebagai armada Transjakarta ini sudah lolos uji emisi Euro 4. Hal itu menunjukkan bahwa bus yang akan beroperasi tersebut lebih ramah lingkungan. Faktor kenyamanan juga tidak lepas dari perhatian. Selain terlihat bagus dari luar, bagian dalam bus baru ini dilengkapi dengan kursi-kursi yang menghadap ke depan, tidak lagi seperti model bus lama yang letaknya berhadapan. Bus ini memiliki tiga tingkatan lantai. Bagian depan hingga pintu tengah dilengkapi dengan lantai yang datar, lalu terdapat tangga yang menghubungkan pada bagian belakang yang lebih tinggi.

Dengan adanya unit-unit transportasi baru ini, diharapkan pengusaha angkutan umum seperti Kopaja, Kopami, dan Metromini dapat bergabung dengan Transjakarta sehingga peremajaan transportasi Jakarta, khususnya jenis alat transportasi berupa bus dapat dilakukan secara menyeluruh. Pada tahap awal, bus lower deck akan beroperasi di rute baru yakni Taman Surapati-Tugu Tani-Stasiun Juanda-Bundaran Hotel Indonesia. (jsc-ea)

Artikel lainnya

Waze License Plate, Fitur Baru untuk Berkendara Lebih Nyaman dan Bebas Macet di Ibu Kota

Salah satu kebijakan lalu lintas yang diterapkan di beberapa jalan Jakarta adalah pembatasan kendaraan dengan implementasi sistem ganjil genap. Kendaraan dengan angka terakhir pelat nomor ganjil ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City