Dukungan Inovasi Teknologi untuk Pertanian Perkotaan

JSC | 2 years ago

Untuk memanfaatkan lahan sempit di tengah kota guna melaksanakan kegiatan pertanian, tentunya dibutuhkan dukungan inovasi teknologi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta di sela-sela kunjungannya ke Kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat 14 Agustus 2015 silam. Kunjungan Kepala Dinas ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta bertujuan untuk meminta dukungan Lembaga Penelitian seperti BPTP Jakarta untuk dapat menerapkan teknologi yang telah dihasilkan untuk mendukung terlaksananya program pertanian perkotaan yang sekarang ini tengah digalakkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPTP Etty Herawati, MSi menjelaskan bahwa BPTP sebagai lembaga penelitian dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah banyak menghasilkan inovasi teknologi yang terkait dan mendukung pertanian perkotaan seperti teknologi budidaya sayuran dengan system vertikultur, hydroponik, aerophonik, dan vertiminaphonik. Selain itu BPTP telah lama mengembangkan pembuatan media tanam dan pupuk organik berbasis pemanfaatan sampah rumah tangga warga yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Dalam hal ini BPTP sudah bekerjasama dengan beberapa kelompok tani di kawasan Jakarta Timur dalam menghasilkan pupuk dan media tanam dengan memanfaatkan limbah bawang merah yang banyak disekitar Pasar Induk Kramat Jati.

Dalam kunjungan ke BPTP Jakarta, Kepala Dinas yang didampingi oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Kepala Bidang Pertanian melihat beberapa proses dan hasil dari teknologi yang dapat mendukung terselenggaranya pertanian perkotaan di DKI Jakarta. Kepala Dinas dan rombongan tertarik dengan inovasi teknologi pertanian yang dapat dilakukan di ruangan tertutup. Hanya dengan memanfaatkan cahaya lampu biasa, inovasi ini dapat menghasilkan sayuran yang tumbuh bagus dan sehat. Secara keseluruhan Kepala Dinas dan Rombongan merasa puas atas kunjungan ke BPTP. Mereka optimis bahwa Kebijakan Pelaksanaan Pertanian Perkotaan dengan memanfaatkan lahan sempit di perkotaan akan berhasil karena mendapat dukungan inovasi teknologi pertanian dari lembaga penelitian seperti BPTP Jakarta.  (jsc-shg)

Artikel lainnya

Rencana Penambahan CCTV Berteknologi Face Recognition untuk Keamanan Asian Games 2018

Dalam perhelatan olahraga akbar seperti Asian Games 2018, keamanan tentu menjadi prioritas. Pemprov DKI Jakarta turut melakukan berbagai upaya untuk menjamin keamanan selama acara berlangsung. Salah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City