Cek Daftar Produk Terdaftar BPOM Bisa di Jakarta Smart City

JSC | 1 year ago

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan, produk-produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bisa dipantau warga melalui portal Jakarta Smart City.

“Kita sudah cukup ketat sekarang. Makanya kita mulai kejar bukan hanya di lokasi dijualnya produk. Tetapi sampai ke pemasoknya. Kemarin kita sudah dapat pemasok kemarin di Bogor, pemasok mie berformalin. Kita sekarang sudah tergetkan pemasoknya,” ujar Basuki seusai acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemprov DKI dengan BPOM RI tentang Pengawasan Sediaan Farmasi dan Pangan di DKI, di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (1/9).

Untuk melakukan pengecekan produk mana saja yang sudah terdaftar di BPOM, warga bisa membuka portal smartcity.jakarta.go.id, kemudian memilih portal Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, lalu pilih menu PKL Online. Pada menu PKL Online, warga bisa memilih produk kaki lima mana yang akan dipilih, kemudian ketika sudah keluar produk yang dipilih, pilih tombol klik. Warga bisa melihat review dan keterangan apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM atau belum.

Untuk warga Jakarta yang membeli produk obat atau makanan di PKL, Basuki mengimbau agar terlebih dulu memeriksa tanda BPOM di kemasan. Meski pun ada tanda BPOM, lebih baik langsung dicek ke Jakarta Smart City untuk memastikan apakah tanda BPOM yang tertera dikemasan asli atau palsu.

Dari hasil pengawasan yang dilakukan DKI selama ini, Basuki mengungkapkan sudah mengetahui tempat peredaran obat-obatan palsu di Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI telah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk melakukan penindakan hukum.

“Kalau obat-obatan palsu, kita sudah tahu sarangnya di mana. Kita akan mulai rapat dengan polisi. Nanti kita akan mulai tangkepin. Kita harus berani bongkar,” tambah Basuki.

Sumber berita: http://www.beritasatu.com/megapolitan/382982-cek-daftar-produk-terdaftar-bpom-bisa-di-jakarta-smart-city.html

 

 

Artikel lainnya

Big Data Menurut Bank Indonesia, Teknologi yang Harus Diaplikasikan untuk Seluruh Negeri

Teknologi Big Data diyakini kelak akan sangat berguna. Big Data mendukung proses pengolahan data yang jumlahnya makin banyak, beragam, dan sering kali tidak terstruktur. Oleh karena itu, Bank ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City