Penerapan Indikator Performa Kinerja sebagai Bentuk Pemerintahan yang Transparan

JSC | 2 years ago

Salah satu indikator yang harus dicapai oleh kota yang mengusung konsep smart city adalah smart government. Konsep smart government di Jakarta berarti sistem pemerintahan yang transparan, informatif dan responsif. Implementasi dari smart goverment sendiri adalah dengan memberikan akses informasi publik seluas-luasnya dan memberikan kesempatan publik untuk berpartisipasi.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk mencapai indikator tersebut dengan memberikan akses kepada publik untuk melihat hasil kinerja para Lurah, Camat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Pemprov DKI Jakarta. Hasil kinerja tersebut berupa angka pencapaian dari target yang ditetapkan, dengan tujuan meningkatkan kualitas kerja dan menentukan target yang lebih nyata dalam pembangunan Jakarta kedepannya.

Hasil kinerja tersebut dapat diakses publik melalui website kinerja.jakarta.go.id. Hal ini diterapkan agar seluruh pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta memiliki target utama yang jelas sehingga mereka bisa memprioritaskan program-program penting yang memberikan dampak yang besar untuk masyarakat.

Indikator Performa Kinerja diterapkan kepada Sekretaris Daerah, Deputi Gubernur, Asisten Sekda, Asisten Deputi, dan seluruh Kepala SKPD. Pencapaian indikator ini secara langsung mempengaruhi besaran tunjangan per bulan masing-masing pejabat sekaligus mendorong pejabat agar lebih efisien dan akuntabel untuk mewujudkan Jakarta Baru dan mencapai indikator smart government. Ke depannya nanti, sistem seperti ini juga akan diterapkan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

Contoh Indikator Performa Kinerja yang diterapkan adalah Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dengan target penyelesaian izin yang tepat waktu. Yang kedua, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, dengan target penanggulangan kejadian kebakaran dapat dikuasai dalam waktu kurang lebih 120 menit. Contoh selanjutnya adalah Kepala Dinas Perhubungan, dengan target penyelesaian berbagai titik kemacetan di Jakarta.

Diharapkan, dengan diterapkannya sistem ini, Jakarta dapat mencapai indikator smart government dan dapat memberikan akses informasi yang terbuka kepada publik. (jsc-shg)

Artikel lainnya

Automatic Water Level Recorder: Alat Pengukur Tinggi Muka Air untuk Penanganan Banjir di Ibukota

Pemprov DKI Jakarta telah memiliki enam Automatic Water Level Recorder (AWLR) atau alat pengukur tinggi muka air sebagai salah satu upaya penanganan banjir di Ibukota. Alat ini digunakan untuk ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City