Hari Ini, 30 Agustus 2016 Ganjil Genap Resmi Berlaku di Jakarta

JSC | 2 years ago

Uji coba ganjil genap yang diberlakukan 27 Juli - 26 Agustus 2016 dinilai berhasil mengurangi kemacetan bahkan meningkatkan jumlah penumpang Transjakarta. Sesuai rencana, maka kebijakan ganjil genap resmi berlaku hari ini, 30 Agustus 2016.

"Dari evaluasi kita uji coba berhasil mengurangi kemacetan. Ditunjukan dengan meningkatnya kinerja lalu lintas," ujar Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, saat rapat evaluasi kebijakan ganjil-genap, Kamis (25/8) dikutip dari beritajakarta.com.

Penerapan kebijakan itu mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 164 Tahun 2016 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Isi Pergub meliputi pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganjil genap akan diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalam Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Gatot Subroto (persimpangan Jalan HR Rasuna Said sampai Gerbang Pemuda) dari Senin sampai Jumat, tepatnya pada pukul 07:00-10:00 WIB dan 16:00-20:00 WIB.

Selain itu, dengan berlakunya kebijakan tersebut akan berlaku juga penilangan terhadap pengendara yang melanggarnya. Sanksi untuk pelanggar merujuk pada pelanggaran tanda nomor kendaraan bermotor seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Khususnya, pasal 280 juncto 68 ayat 1 tentang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Dikutip dari kompas.com. Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Syamsul Bahri, pembayaran denda maksimal Rp500.000 ke pelanggar akan dilakukan setelah putusan pengadilan. Ia mengatakan, bisa saja nantinya denda berkurang ataupun dihapuskan. Tergantung putusan pengadilan. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta Smart City

Internet of Things yang juga dikenal dengan IoT merupakan sebuah konsep yang masih terus berkembang sehingga tidak memiliki definisi pasti. IoT menggunakan pemrograman untuk menghasilkan interaksi ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City